Bagaimana bila shalat ‘id bertepatan dengan hari jum’at?,
bolehkah untuk tidak shalat jum’at?
أخبرنا الربيع قال : أخبرنا
الشافعي قال : أخبرنا مالك عن ابن شهاب عن أبي عبيد مولى ابن أزهر قال : شهدت العيد
مع عثمان بن عفان فجاء فصلى ثم انصرف فخطب فقال : إنه قد اجتمع لكم في يومكم هذا عيدان فمن أحب من أهل العالية أن ينتظر الجمعة
فلينتظرها ومن أحب أن يرجع فليرجع فقد أذنت له قال الشافعي : وإذا كان يوم الفطر يوم
الجمعة صلى الإمام العيد حين تحل الصلاة ثم أذن لمن حضره من غير أهل المصر في أن ينصرفوا
إن شاءوا إلى أهليهم ولا يعودون إلى الجمعة والاختيار لهم أن يقيموا حتى يجمعوا أو
يعودوا بعد انصرافهم إن قدروا حتى يجمعوا وإن لم يفعلوا فلا حرج إن شاء الله تعالى
قال الشافعي : ولا يجوز هذا لأحد من أهل المصر أن يدعوا أن يجمعوا إلا من عذر يجوز
لهم به ترك الجمعة وإن كان يوم عيد
Rabi’ mengkhabarkan kepada kami, berkata, Imam syafii mengkabarkan
kepada kami. Malik menghkabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab dari Abi Ubaid
Maula bin Azhar. Berkata aku menghadiri Id bersama Usman bin ‘Affan. Dia datang
dan shalat kemudian berpaling lalu berkhutbab. Saidina Usman berkata: sungguh
telah berhimpun dua ‘id pada harimu ini. Siapa diantara orang-orang penduduk
desa yang ingin menunggu jum’at maka tunggulah dan siapa yang ingin pulang,
maka silahkan pulang aku telah mengizinkannya. Imam Syafii berkata: Apabila
hari ‘idul fitri dan hari jum’at, maka imam melakukan shalat ‘id ketika telah
datang waktu shalat kemudian mengizinkan kepada orang yang hadir selain
penduduk kota tersebut untuk pergi ke keluarganya jika mereka mau dan tidak
kembali lagi untuk shalat jum’at. Pilihannya adalah boleh bagi mereka untuk
berdiam hingga melakukan shalat jum’at atau mereka kembali setelah selesai id
jika mereka mampu hingga shalat jum’at. Jika mereka tidak melakukannya, maka
tidak mengapa. Insya Allah. Imam Syafii berkata: ini tidak dibolehkan bagi
seseorang yang dari penduduk kota setempat untuk meninggalkan jum’at kecuali
uzur, maka boleh meninggalkan jum’at meskipun pada hari Id. ( Kitab Al Umm
Jilid 1 )
Al hasil. Bila orang tersebut orang yang
musafir, maka boleh untuk tidak shalat jum’at. Bila orang tersebut. Orang yang
berada di tempat dimana shalat ‘id dan jum’at dilaksanakan, maka kembali ke
hukum asal. Yaitu wajib shalat jum’at.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar